Pramuwisata : Fungsi dan Uraian Tugas


Fungsi:

  • Membimbing perjalanan bersama wisatawan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sesuai dengan tugas pramuwisata
  • Memberikan informasi, bila perlu menjadi penterjemah mengenai perjalanan secara keseluruhan khususnya mengenai obyek-obyekwisata yang dikunjungi
  • Memperkenalkan hal-hal yang dirasakan baru bagi wisatawan atau yang perlu diketahui serta dijumpai selama perjalanan
  • Memberikan saran kepada wisatawan untuk melakukan sesuatu tindakan atau kegiatan yang mungkin timbul dan ada sangkut pautnya dengan perjalanan yang sedang dipandunya.

Uraian Tugas

  • Memahami isi dan fasilitas yang tertera dalam paket wisata
  • Memeriksa kelengkapan dokumen-dokumen perjalanan wisata
  • Mengantar wisatawan baik rombongan maupun perorangan yang mengadakan perjalanan dengan bis, kereta api, kapal laut, pesawat terbang dan jenis transportasi lainnya
  • Memberikan penjelasan tentang rencana perjalanan wisata dan destinasi serta memberikan penjelasan tentang peraturanperaturan/ ketentuan mengenai; visa, paspor, keterangan kesehatan, akomodasi, transportasi dan lain sebagainya
  • Memberikan petunjuk tentang destinasi yang menarik
  • Membantu wisatawan pada saat melaksanakan perjalanan wisata.
  • Memberi petunjuk untuk mematuhi peraturan atau ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah dan instansi/perusahaan lainnya
  • Membantu menghubungi petugas terkait bila ada wisatawan sakit dalam perjalanan, kecelakaan, pencurian, dan musibah lainnya
  • Menjamin kepuasan berlibur semua wisatawan secara keseluruhan
  • Merekonfirmasi/memesan komponen acara tour yang wajib
  • Memimpin pengantaran kedatangan dan keberangkatan dari tempat penginapan (check -in/out)
  • Menyelenggarakan serangkaian tour termasuk tour setengah hari/sehari penuh, tour malam, tempat-tempat menarik dan tour khusus
  • Menawarkan tour optional sesuai peraturan biro perjalanan wisata Membuat laporan administrasi perjalanan wisata termasuk laporan keuangan.
Baca juga :  Pengertian Pariwisata, Wisatawan dan Objek Wisata

Referensi :

  • Nuriata. 1995. Pemanduan Wisata. Depdikbud. Jakarta
  • Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Kejuruan Bisnis dan
  • Pariwisata, 2002, Tour Guiding, Wardhani UE, .
  • PPPPTK Bisnis dan Pariwisata. 2005. Layanan Transfer,, Purwanto Joko,
  • Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. 2006. Kenali Negrimu, Jakarta

 

Scroll to Top